Tautan-tautan Akses

Jaksa Dakwa Tersangka Pembunuh Uskup di Los Angeles


Seorang warga tampak berdoa dengan rosario di lokasi pembunuhan Uskup David O’Connell di Hacienda Heights, California, pada 19 Februari 2023. (Foto: AP/Damian Dovarganes)
Seorang warga tampak berdoa dengan rosario di lokasi pembunuhan Uskup David O’Connell di Hacienda Heights, California, pada 19 Februari 2023. (Foto: AP/Damian Dovarganes)

Jaksa Los Angeles, pada Rabu (22/2), mendakwa seorang laki-laki yang diduga membunuh seorang uskup Katolik, suatu kejahatan yang mengguncang komunitas agama dan imigran di kota itu.

Uskup Pembantu David O’Connell, 69, tewas ditembak pada Sabtu (19/2) di kamar tidur rumahnya di Hacienda Heights, sebuah komunitas tidak berbadan hukum yang terletak sekitar 30 kilometer di bagian timur pusat Kota Los Angeles.

Tersangka, Carlos Medina, adalah suami pengurus rumah tangga O’Connell. Medina sedang melakukan pekerjaan di rumah uskup itu. Ia ditangkap pada Senin (20/2) oleh tim SWAT.


Jaksa Wilayah Los Angeles County George Gascón dalam konferensi pers pada hari Rabu, mengatakan Medina didakwa dengan satu tuduhan pembunuhan. Jika terbukti bersalah ia berpotensi dijatuhi hukuman 35 tahun penjara. Medina akan diadili pada Rabu sore, meskipun belum diketahui apakah ia memiliki pengacara yang dapat berbicara atas namanya.

Menurut Angelus News, outlet berita Keuskupan Agung Los Angeles, O’Connell telah menjadi pemimpin warga Kristiani di kota itu selama 45 tahun dan merupakan warga asli Irlandia. Pada tahun 2015, Paus Fransiskus mengangkatnya sebagai salah satu dari beberapa uskup pembantu di keuskupan agung tersebut.

Letnan Michael Modica di Departemen Los Angeles County yang memimpin penyelidikan pembunuhan itu mengatakan Medina memberitahu para detektif tentang beberapa alasan kekerasan itu, dan “tidak ada yang masuk akal bagi penyelidik.” [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG