Tautan-tautan Akses

Jaksa Agung AS: Perlu Kesepakatan untuk Cegah Kekerasan


Jaksa Agung AS Eric Holder menyerukan diadakannya diskusi nasional tentang "isu-isu rumit dan emosional" di Amerika (foto: dok).
Jaksa Agung AS Eric Holder menyerukan diadakannya diskusi nasional tentang "isu-isu rumit dan emosional" di Amerika (foto: dok).

Jaksa Agung AS Eric Holder hari Senin (15/7) menyerukan diadakannya diskusi nasional baru tentang "isu-isu rumit dan emosional" di Amerika.

Jaksa Agung Amerika menyerukan diadakannya diskusi nasional baru tentang "isu-isu rumit dan emosional" seputar penembakan tahun lalu yang menyebabkan tewasnya seorang remaja kulit hitam.

Eric Holder hari Senin berbicara di Washington, dua hari setelah juri Florida membebaskan relawan siskamling George Zimmerman dari dakwaan pembunuhan dalam kematian Trayvon Martin.

Ribuan demonstran melakukan protes di beberapa kota di Amerika menentang putusan itu.

Holder mengatakan Amerika seharusnya tidak membiarkan momen ini berlalu begitu saja dan mengadakan "dialog yang sulit namun perlu" tentang stereotip yang melibatkan identitas ras dan anak muda.

"Kami, seperti Anda, sepakat untuk melawani kekerasan yang melibatkan atau ditujukan pada anak-anak muda, untuk mencegah tragedi di masa depan dan menghadapi sikap-sikap, kekeliruan dan stereotip yang seringkali menjadi penyebab insiden-insiden semacam ini," ujar Holder.

Holder adalah kepala Departemen Kehakiman Amerika, yang katanya sedang mengkaji apakah harus diajukan tuntutan federal terhadap Zimmerman.

Lembaga ini harus menentukan apakah Zimmerman, seorang Hispanik, didorong oleh kebencian rasial, meskipun isu ras hampir tidak pernah disebutkan dalam sidang Florida. Holder tidak memberikan indikasi kapan akan mengambil keputusan.
XS
SM
MD
LG