Tautan-tautan Akses

Jaksa Agung AS Bela Penanganan Laporan Mueller


Jaksa Agung, William Barr, bersaksi di depan Komite Kehakiman Senat di Capitol Hill, Washington, D.C., 1 Mei 2019 (foto: AP Photo/Susan Walsh)

Jaksa Agung Amerika William Barr hadir di depan Kongres hari Rabu, membela penanganannya terhadap laporan Penyelidik Khusus Robert Mueller pada 22 Maret tentang campur tangan Rusia dalam pemilu Amerika tahun 2016. Ia mengatakan, dialah yang memutuskan merilis ringkasan awal laporan itu dan menepiskan pertanyaan mengenai penilaiannya atas temuan Mueller.

Dalam sidang yang ditandai dengan sikap anggota Kongres yang partisan, fraksi Demokrat mencecar jaksa agung itu tentang surat rangkuman empat halaman kepada Kongres dan keluhan Mueller setelah itu atas ringkasan itu.

Demokrat menuduh Barr meremehkan bukti kesalahan Trump dalam ringkasan itu guna membenarkan keputusannya yang kontroversial bahwa presiden tidak menghambat keadilan selama penyelidikan itu.

Sidang itu secara umum berfokus pada surat yang ditulis Mueller kepada Barr pada 27 Maret berisi keluhan penyelidik khusus itu bahwa ringkasan Barr "tidak sepenuhnya menangkap konteks, sifat, dan substansi" pekerjaan dan kesimpulan kantornya dan mendesak jaksa agung itu segera merilis ringkasan eksekutif laporan tersebut. [ka]

XS
SM
MD
LG