Tautan-tautan Akses

Italia Tersingkir, Jepang Susul Korsel Wakili Asia ke 16 Besar


Kesebelasan Jepang yang hanya butuh hasil seri untuk lolos, mengalahkan Denmark dengan skor 3-1 di Rustenburg.

Juara bertahan Piala Dunia sepakbola Italia dikalahkan Slovakia 3-2, dan harus tersingkir lebih awal dari kejuaraan setelah babak penyisihan grup. Kemenangan hari Kamis di Johannesburg memberi Slovakia empat poin dan menempatkannya ke posisi dua di Grup F sekaligus lolos ke babak selanjutnya.

Penyerang Slovakia Robert Vittek dua kali mencetak gold an Kamil Kopunck menambah gol pada menit ke 89. Tim ini mampu menahan serangan oleh Italia, termasuk dua gol yang dicetak pada perpanjangan waktu.

Dengan demikian, baik juara Piala Dunia 2006 Italia dan runner-up empat tahun lalu, kesebelasan Perancis telah tersingkir di babak pertama kejuaraan tahun ini.

Sementara, kesebelasan Amerika Latin, Paraguay yang memperoleh angka seri 0-0 melawan Selandia Baru di Polokwane berhasil meraih posisi pertama di Grup F dan melaju ke 16 besar. Paraguay menyelesaikan babak penyisihan grup dengan lima poin dan maju ke babak berikutnya untuk ke-empat kalinya dalam sejarah. Selandia Baru hanya mendapat tiga poin dan juga tersingkir dari Piala Dunia.

Sedangkan dalam pertandingan kedua hari Kamis, di Grup E Belanda mengalahkan Kamerun 2-1 di Cape Town. Kamerun sebenarnya sudah pasti tersisih dari turnamen ini dan pertandingan itu tidak berpengaruh pada kedudukan grup. Dengan hasil ini, Belanda berhasil memenangkan ketiga pertandingannya pada babak pertama dan menduduki peringkat nomor satu dalam Grup E dengan sembilan poin. Sebagai juara Grup E, selanjutnya Belanda akan bertemu runner up Grup F, Slovakia.

Dalam pertandingan Grup E lainnya, Jepang mengalahkan Denmark 3-1 di Rustenburg. Dua tendangan bebas yang masuk dalam gawang Denmark dibuat oleh Keisuke Honda dan Yasuhito Endo pada babak pertama pertandingan itu. Sedangkan Shinji Okazaki mencetak gol ketiga pada menit ke-87.

Satu-satunya gol yang dibuat oleh Denmark dicetak oleh Jon Dahl Tomasson pada menit ke-81. Ini membuat Jepang meraih kemenangan keduanya dalam putaran grup dan maju ke babak 16 besar untuk kedua kalinya. Jepang sebagai runner up Grup E, akan bertemu dengan juara Grup F Paraguay dan akan memainkan pertandingan hari Selasa.

XS
SM
MD
LG