Tautan-tautan Akses

Italia Perpanjang Tenggat Penyerahan Bukti Vaksinasi untuk Sekolah


Dokter Roberto Ieraci sedang memvaksinasi seorang anak di Roma, 23 Februari 2018.

Orang tua di Italia punya waktu lebih banyak untuk menyerahkan bukti kepada sekolah bahwa anak mereka telah diberi 10 vaksinasi wajib.

Senat Italia telah memperpanjang tenggat sampai Maret tahun depan untuk para orang tua memenuhi aturan yang mewajibkan penyerahan bukti dokumen vaksinasi untuk masuk PAUD atau TK.

Aturan itu sedianya dimulai sebelum tahun ajaran baru yang dimulai pada September. Tapi UU yang disetujui Kamis (20/9) dan didukung oleh pemerintahan populis Italia, memperpanjang tenggatnya.

Menteri Kesehatan Italia Dr. Giulia Grillo dari Gerakan 5-Bintang yang anti-establishment atau menentang kekuasaan dan norma konvensional, mengatakan dia akan memvaksinasi anaknya. Tapi Grillo berkeras agar peningkatan kepatuhan vaksinasi seharusnya diperoleh lewat penyuluh, bukan lewat aturan yang mewajibkan vaksinasi.

Italia melaporkan hampir 5.000 kasus campak pada 2017, kenaikan hampir enam kali lipat, yang menurut banyak pihak, disebabkan oleh perdebatan vaksin yang sangat dipolitisir di negara itu. [vm]

XS
SM
MD
LG