Tautan-tautan Akses

AS

Istri Mahasiswa AS Yang Ditahan di Iran Minta Suaminya Dibebaskan


Xiyue Wang, warga AS naturalisasi dari China, ditangkat di Iran Agustus lalu, pada saat sedang meneliti sejarah Iran untuk tesis doctoral di Universitas Pricenton, terlihat bersama istri dan anak laki-lakinya dalam foto keluarga yang dirilis di Princeton, New Jersey. [foto:dok]

Isteri dari mahasiswa pasca sarjana Amerika keturunan Tionghoa yang kini menjalani hukuman penjara 10 tahun di Iran karena diduga “menyusup” ke negara itu ketika melakukan riset doktoral, menekankan bahwa tuduhan itu tidak benar.

Hua Qu mengatakan kepada Associated Press, Minggu (26/11), bahwa dia belum berbicara dengan Departemen Luar Negeri AS mengenai sebuah video yang disiarkan TV milik pemerintah Iran pada Minggu mengenai Xiyue Wang. Qu berharap Wang akan segera dibebaskan.

Wang sedang melakukan riset doktoral mengenai dinasti Qajar Iran, ketika dia ditangkap di Iran saat berlangsung penangkapan orang-orang lain yang memiliki kaitan dengan Barat.

Video yang disiarkan itu menuduh Wang berupaya mengambil sekitar 4.500 dokumen dari negara itu.

Qu mencatat penayangan video itu terjadi sebelum pertengahan Desember, tenggat bagi Kongres untuk memutuskan apakah sanksi-sanksi ekonomi yang dicabut di bawah perjanjian nuklir Iran perlu diterapkan kembali. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG