Tautan-tautan Akses

Israel Serang Sejumlah Sasaran Iran di Suriah


Video dari stasiun televisi menunjukkan rekaman yang diduga serangan udara Israel terhadap Aqraba, tenggara Damaskus di mana sasaran Iran berada, Sabtu (24/8).

Israel mengatakan telah menyerang sejumlah sasaran Iran di Suriah untuk menggagalkan serangan oleh apa yang disebut Israel sebagai “pesawat nirawak pembunuh Iran.” Meskipun Iran membantah serangan tersebut, insiden itu telah memicu ketegangan baru antara Israel dan Iran. Israel memerintahkan penempatan rudal Iron Dome di perbatasannya dengan Suriah.

Sangat jarang Israel mengaku bertanggung jawab melakukan serangan udara terhadap target-target Iran di Suriah, meskipun Israel diyakini telah melancarkan ratusan serangan ini dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi kali ini, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dalam cuitannya di Twitter memuji upaya operasi besar yang dilakukan tentaranya dengan mengatakan Iran telah berencana mengirim pesawat nirawak pembunuh dengan bahan peledak ke Israel. Ia mengingatkan Iran bahwa mereka “tidak memiliki kekebalan di mana pun juga.”

Tentara Israel mengatakan empat agen Iran baru-baru ini tiba di Suriah untuk mengoperasikan pesawat-pesawat nirawak Kamikaze, yang masing-masing dilengkapi dengan bahan peledak.

Kelompok pemantau HAM Suriah yang berkantor di Inggris melaporkan lima orang tewas, termasuk dua pemberontak Hizbullah Lebanon yang pro-Iran. Namun, kantor berita Reuters mengutip seorang pejabat senior Iran, Mohsen Rezai, mengatakan mereka tidak memiliki kapabilitas untuk melancarkan serangan semacam ini.

Menteri kabinet Israel, Tzachi Hangebi, mengatakan Israel mengambil tindakan untuk mencegah serangan itu berdasarkan informasi intelijen. Tzachi mengatakan, Israel telah mengamati dengan seksama sebuah lokasi khusus di Iran dan mengetahui bahwa serangan itu direncanakan di sana.

Mantan penasihat keamanan nasional Israel Yakov Amidror mengatakan Israel prihatin dengan semakin besarnya kekuatan Iran di Suriah.

“Israel sekarang berada di tengah upaya panjang untuk menghentikan Iran membangun mesin perang secara independen di Suriah. Mereka telah memiliki satu mesin perang di Lebanon, yang dikontrol oleh Hezbollah, dan ingin membangun satu lainnya di Suriah, yang dikontrol oleh Iran,” katanya.

Israel telah memindahkan sistem anti-rudal yang dikenal sebagai Iron Dome ke perbatasan utara untuk mengantisipasi serangan rudal Iran terhadap Israel. (em/jm)

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG