Tautan-tautan Akses

Israel Hapus Pembatasan di Yerusalem dan Tepi Barat


Namun Israel masih menyiagakan ribuan polisi setelah terjadinya bentrokan dengan warga Palestina di Yerusalem Timur, Selasa.

Israel telah menghapuskan pembatasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat dan di sebuah tempat suci Yerusalem, setelah memberlakukan pembatasan minggu lalu karena keprihatinan dengan keamanan.

Pejabat Rabu membatalkan pembatasan akses warga Palestina ke mesjid al-Aqsa, dimana sering terjadi bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina. Juga larangan masuk-keluar dari Tepi Barat yang didudukinya dihapuskan.

Tetapi Israel mengatakan ribuan polisi masih dalam keadaan siaga setelah warga Palestina yang melempar batu bentrok dengan pasukan keamanan Israel di Yerusalem Timur Selasa.

Ketegangan meningkat minggu ini setelah Israel meresmikan kembali sebuah sinagoga kuno di Kota Tua. Warga Palestina mengatakan ini merupakan usaha Israel menghancurkan mesjid al-Aqsa didekatnya dan membangun kembali Bait Allah Yahudi. Militan Islam menyerukan satu hari untuk meluapkan kemarahan pada hari Rabu di Yerusalem, tetapi 3000 polisi Israel dan tentara berhasil mengendalikan suasana dan menghindari kekerasan.

XS
SM
MD
LG