Tautan-tautan Akses

Israel Gusur Permukiman Terpencil di Tepi Barat


Truk-truk Israel memindahkan bagian-bagian konstruksi permukiman Amona di Tepi Barat yang diputuskan MA Israel sebagai ilegal, Senin (6/2).

Israel mengatakan mereka sudah mulai meruntuhkan gedung-gedung di permukiman terpencil Tepi Barat yang dikosongkan pekan lalu di tengah bentrokan antara para pemukim dan pasukan keamanan.

Juru bicara Micky Rosenfeld mengatakan polisi sedang mengamankan permukiman Yahudi 'Amona' untuk mencegah insiden dengan para pemukim hari Senin (6/2).

Mahkamah Agung Israel memutuskan tahun 2014 bahwa Amona dibangun di atas tanah pribadi Palestina dan harus dibongkar.

Para pemukim melawan pengosongan dan bentrok dengan polisi yang menegakkan hukum. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kemudian mengumumkan permukiman baru akan didirikan – yang pertama dalam 20 tahun – sebagai ganti permukiman 'Amona'.

Sebagian besar masyarakat internasional memandang permukiman di Tepi Barat tidak sah dan menjadi hambatan terhadap solusi dua negara atas konflik Israel-Palestina.

Pemerintahan Trump dipandang oleh Israel memberikan dukungan terhadap isu permukiman, yang selama ini menyebabkan perselisihan antara Netanyahu dan mantan Presiden AS Barack Obama. [gp]

XS
SM
MD
LG