Tautan-tautan Akses

Israel Batalkan Rencana Pembebasan Kelompok Terakhir Tahanan Palestina


Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni (Foto: dok).
Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni (Foto: dok).

Israel telah membatalkan rencana pembebasan kelompok keempat tahanan Palestina terkait upaya pemimpin Palestina untuk mendapat pengakuan lebih jauh dari PBB.

Menteri Kehakiman Israel Tzipi Livni mengatakan tindakan Palestina itu melanggar persyaratan pembebasan yang bergantung pada Palestina untuk menahan diri bagi pengambilan langkah-langkah sepihak.

Sengketa itu terjadi sewaktu Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman menuju ke Amerika untuk mengadakan pembicaraan tentang krisis itu hari Jum’at ini, termasuk pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry.

Dalam lawatan ke Aljazair hari Kamis (4/4), Kerry mengatakan perundingan itu memasuki “saat kritis” dan kini tergantung pada pemimpin-pemimpin Israel dan Palestina untuk tetap melangsungkan proses perundingan itu.

Kerry telah menghabiskan beberapa pekan terakhir ini untuk berupaya mempertahankan perundingan yang mendekati tenggat waktu tercapainya kesepakatan awal dalam sembilan bulan, perjanjian yang disepakati Israel-Palestina ketika memulai perundingan tahun lalu.
XS
SM
MD
LG