Tautan-tautan Akses

Israel akan Menentang Penjualan Jet Tempur F-35 AS ke Qatar


Jet tempur F-35 Israel meluncur di landasan selama latihan udara multinasional di pangkalan angkatan udara Ovda, utara kota Israel Eilat, pada 11 November 2019. (Foto: AFP/Emmanuel Dunand)

Menteri Intelijen Israel Eli Cohen, Minggu (11/10). mengatakan negaranya akan menentang penjualan jet tempur jenis F-35 AS ke Qatar.

Cohen mengomentari hal tersebut di Radio Tentara Israel ketika ditanya tentang laporan Reuters bahwa Qatar telah mengajukan permintaan resmi ke Washington untuk membeli jet tempur F-35.

“Jawabannya adalah ya. Superioritas keamanan dan militer kami di kawasan adalah hal yang paling penting bagi kami. Wilayah kami masih belum berubah menjadi Swiss,” kata Cohen ketika ditanya apakah Israel akan menentang penjualan tersebut.

Reuters melaporkan, permintaan Qatar terkait jet tempur F-35 sebagai tindak lanjut kesepakatan antara AS dan Uni Emirat Arab pada Agustus. Washington sepakat untuk mempertimbangkan persetujuan kepada negara Teluk untuk membeli F-35 dalam kesepakatan lain terkait "Abraham Accord." [ah]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG