Tautan-tautan Akses

ISIS Masih Bisa Akses Jalur-jalur Pasokan Penting, Meskipun Kehilangan Wilayah


Seorang pejuang pemberontak berlari dengan membawa senjata di kota al-Bab, pinggiranSuriah utara, Suriah, 26 Januari 2017. (REUTERS/Khalil Ashawi)

Pejuang ISIS masih menemukan cara-cara untuk bergerak di seluruh Irak dan Suriah meningkatkan perlawanan kelompok itu sementara berusaha mempertahankan kota-kota seperti Mosul dan al-Bab.

Kemampuan ISIS untuk mempertahankan pergerakan semacam itu meskipun ada upaya terkoordinasi oleh pesawat-pesawat tempur koalisi dan pasukan di darat untuk memutuskan jalur-jalur transit dan komunikasi, menimbulkan keprihatinan baru. Ketakutan yang lebih besar adalah setiap upaya untuk memberantas kelompok teror mungkin akan lebih sulit tanpa peningkatan dukungan Amerika.

“Mereka melawan kita di banyak tempat lainnya, tapi menurut kami di ibukota ISIS perlawanan akan lebih besar lagi,” kata Wakil Ketua Dewan Demokrasi Suriah, Ilham Ahmed.

Ilham Ahmed dalam kunjungan ke Washington minggu ini melalui penerjemah memperingatkan “mereka masih mempunyai jalur menuju kota al-Bab dan masih punya jalur menuju Mosul. Selalu ada pergerakan”. [my/al]

XS
SM
MD
LG