Tautan-tautan Akses

Iran Temukan Puing Pesawat di Pegunungan Zagros


Anggota tim SAR mencari pesawat yang jatuh di daerah pegunungan di Iran tengah, 19 Februari 2018.

Iran telah menemukan puing-puing pesawat yang jatuh dengan membawa 65 penumpang, kata juru bicara militer Iran, Selasa (20/2). Pesawat ditemukan dua hari setelah hilang dari radar dalam penerbangan di pegunungan Zagros.

Pesawat milik maskapai Aseman Airlines hilang tidak sampai 1 jam setelah lepas landas dari Tehran pada Minggu (18/2), menuju Kota Yasuj, di barat daya. Pesawat menabrak gunung dan diperkirakan tidak ada penumpang yang selamat, kata juru bicara militer seperti dikutip oleh Reuters.

Cuaca beku dan daerah pegunungan menghalangi upaya pencarian dan penyelamatan, hingga menambah kesedihan dan kemarahan keluarga besar, serta masyarakat yang menyalahkan penerapan sanksi atas Iran selama beberapa dekade yang mengakibatkan buruknya kualitas pesawat.

Baca: Tim SAR Lanjutkan Pencarian Korban Jatuhnya Pesawat di Iran

Puing-puing pesawat akhirnya bisa dikenali oleh drone militer, kata juru bicara Garda Revolusi, Ramezan Sharif.

“Dua helikopter dikirim ke titik koordinat yang dikirim oleh drone, dan menemukan puing-puing itu,” kata Sharif kepada stasiun televisi pemerintah, IRIB.

Seorang wartawan IRIB yang berbicara kepada salah satu dari pilot helicopter mengatakan dia melihat “tubuh-tubuh berserakan di sekitar pesawat dan puing pesawat ditemukan di Desa Noghol, sekitar 4.000 meter (13.000 kaki) di atas Gunung Dena, AFP melaporkan.

Pesawat mesin ganda turboprop ATR72 itu sudah berumur 24 tahun. Menurut data yang dikutip Lembaga Keamanan Penerbangan di situs web aviation-safety.net, pesawat tersebut diperbaiki untuk melayani penerbangan tiga bulan lalu, setelah berada di hangar selama enam tahun. [fw/au]

XS
SM
MD
LG