Tautan-tautan Akses

Iran Siap Berunding September, Jika Syarat Dipenuhi


Perunding nuklir Iran, Saeed Jalili mengirimkan surat kepada Catherine Ashton, yang bertindak mewakili enam negara kuat dunia.

Perunding nuklir Iran mengatakan pemerintah di Tehran bersedia memulai pembicaraan dengan enam negara kuat dunia mengenai program nuklirnya mulai tanggal 1 September mendatang, jika mereka bersedia memenuhi beberapa ketentuan.

Media pemerintah Iran Selasa ini menyatakan Saeed Jalili mengeluarkan komentar itu dalam surat kepada ketua kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, yang mewakili ke-enam negara kuat dunia. Surat itu membalas tawaran yang dibuat Ashton pada awal Juni untuk melanjutkan pembicaraan mengenai program Iran.

Dalam surat itu, Jalili mengatakan Amerika, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan Tiongkok harus menjelaskan apakah tujuan mereka untuk memperbaharui pembicaraan itu merupakan kerja sama atau permusuhan dengan Iran.

Dia juga mengemukakan bahwa enam kekuatan itu harus menjernihkan apakah mereka mendukung Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir dan menjelaskan sikap mereka mengenai simpanan senjata nuklir yang diakui Israel.

Negara-negara Barat mencurigai Iran berusaha membangun senjata atom, namun Iran menyatakan program nuklirnya untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG