Tautan-tautan Akses

Iran Peringatkan Langkah Baru, UE Konsultasikan Perjanjian Nuklir


Salah satu fasilitas nuklir Iran dekat Arak, 250 kilometer barat daya ibukota Iran, Teheran. (Foto: dok).

Uni Eropa menyatakan sedang berkomunikasi dengan para penandatangan perjanjian nuklir Iran dan akan membahas bersama mereka mengenai langkah-langkah yang akan diambil apabila Iran menambah cadangan uraniumnya yang diperkaya pada akhir pekan ini.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan Teheran akan meningkatkan uraniumnya yang diperkaya itu ke “berapa pun jumlah yang kami inginkan” mulai hari Minggu. Ini meningkatkan tekanan bagi negara-negara Eropa untuk menyelamatkan perjanjian nuklir yang goyah dari kerusakan yang dipicu oleh sanksi-sanksi Amerika.

Iran, Senin (1/7) menyatakan bahwa negara itu telah melampaui batas cadangan uranium berkadar rendah yang ditetapkan dalam perjanjian tersebut.

Seorang juru bicara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, penjamin perjanjian tahun 2015 itu, Kamis (4/7) mengatakan bahwa pihaknya telah meminta Iran agar mengubah langkah-langkah tersebut dan menahan diri dari langkah-langkah selanjutnya yang akan melemahkan perjanjian nuklir. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG