Tautan-tautan Akses

Iran Peringati HUT Revolusi Islam Tahun 1979


Para remaja Iran ikut meramaikan perayaan HUT Revolusi Islam sambil membawa poster Ayatollah Ali Khamenei di Teheran (11/2).
Para remaja Iran ikut meramaikan perayaan HUT Revolusi Islam sambil membawa poster Ayatollah Ali Khamenei di Teheran (11/2).

Ribuan warga Iran berkumpul di seluruh penjuru negeri untuk memperingati ulang tahun ke-33 Revolusi Islam tahun 1979.

Revolusi Islam pada tahun 1979 berhasil menggulingkan Shah Iran Mohammad Reza Pahlavi yang didukung Amerika, dan menjadikan Muslim garis keras berkuasa.

Ribuan massa berkumpul di kota-kota di seluruh negeri hari Sabtu, sebagian membawa poster yang mengecam Amerika dan Israel.

Dalam pidato di Lapangan Azadi (Kebebasan), Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan Iran akan mengumumkan proyek nuklir penting dalam beberapa hari mendatang. Dia tidak merincikannya lebih lanjut.

Ketegangan antara Iran dan Barat meninggi terkait proyek nuklir negara itu. Dalam beberapa pekan terakhir, Amerika dan Uni Eropa memperketat sanksi ekonomi terhadap bank sentral Iran dan industri minyak untuk menekan Iran agar menghentikan pengayaan uranium - proses yang memiliki aplikasi militer dan sipil.

Para pejabat Iran membantah berniat membangun senjata nuklir.



XS
SM
MD
LG