Tautan-tautan Akses

Iran Eksekusi Empat Pria yang Dituduh Mata-Mata Israel


Masyarakat mengibarkan bendera Iran pra-revolusi Islam saat protes terhadap otoritas Iran, di London, Sabtu, 29 Oktober 2022, sebagai ilustrasi. Iran pada Minggu (4/12) mengeksekusi empat pria yang dituduh telah bekerja sama dengan agen intelijen Israel Mossad. (Foto: AP)

Iran pada Minggu (4/12) mengeksekusi empat pria yang dituduh telah bekerja sama dengan agen intelijen Israel Mossad, lapor media pemerintah Iran.

Negara Republik Islam itu telah lama menuduh musuh bebuyutannya Israel melakukan operasi rahasia di wilayahnya. Teheran baru-baru ini menuduh dinas intelijen Israel dan Barat merencanakan perang saudara di Iran. Negara tersebut akhir-akhir sedang dihantam gelombang protes anti-pemerintah yang merupakan demonstrasi terbesar sejak Revolusi Islam 1979.

Media pemerintah Iran melaporkan pada Rabu bahwa Mahkamah Agung negara itu telah menguatkan hukuman mati yang dijatuhkan kepada empat orang "atas kejahatan bekerja sama dengan dinas intelijen rezim Zionis dan atas penculikan.”

Selain mereka, terdapat tiga terdakwa lainnya yang dijatuhi hukuman penjara antara lima dan 10 tahun. Mereka dinyatakan bersalah atas kejahatan yang mencakup tindakan melawan keamanan nasional, membantu penculikan, dan memiliki senjata ilegal, kata kantor berita Mehr.

Kantor berita Tasnim melaporkan bahwa para tahanan telah ditangkap pada bulan Juni - sebelum kerusuhan melanda negara itu - menyusul kerja sama antara Kementerian Intelijen dan Pengawal Revolusi. [ah]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG