Tautan-tautan Akses

Iran Berencana Pasang Alat Baru di Fasilitas Nuklir


United Nations High-Commissioner for Refugees (UNHCR) Special Envoy, Angelina Jolie (R), meets ethnic Karenni refugee Baw Meh, age 75, and her family from Myanmar, also known as Burma, at the Ban Mai Nai Soi refugee camp near the border with Thailand. (AFP/UNHCR/Roger Arnold)

Iran berencana memasang peralatan baru di fasilitas pengayaan nuklir utamanya yang dapat memurnikan uranium jauh lebih cepat daripada mesin-mesin yang ada sekarang.

Para diplomat yang tidak mau disebut namanya mengatakan kepada media berita Barat hari Kamis (31/1), Iran telah memberitahu Badan Energi Atom Internasional bahwa negara itu akan memasang sentrifugal modern di fasilitas Natanz di Iran Tengah.

Natanz memiliki fasilitas di bawah tanah dengan ribuan sentrifugal yang dapat memurnikan uranium untuk digunakan sebagai bahan bakar nuklir. Uranium dengan kemurnian lebih tinggi dapat digunakan untuk membuat senjata nuklir. Iran mengatakan bahwa program nuklirnya bertujuan damai.

Iran dan kelompok P5+1 yang terdiri dari kelima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman terakhir melakukan perundingan mengenai program nuklir Iran bulan Juni, tetapi pembicaraan menemui jalan buntu.
XS
SM
MD
LG