Tautan-tautan Akses

Iran Bantah AS Hancurkan Dronenya


Dari kiri: Presiden AS Donald Trump di Washington, D.C. (18/7) dan Presiden Iran Hassan Rouhani di Teheran (2/5).
Dari kiri: Presiden AS Donald Trump di Washington, D.C. (18/7) dan Presiden Iran Hassan Rouhani di Teheran (2/5).

Iran hari Jumat (19/7) menyatakan tidak kehilangan satupun pesawat nirawaknya, membantah laporan Amerika bahwa sebuah kapal perang Amerika menghancurkan sebuah drone Iran di Selat Hormuz.

“Kami tidak kehilangan satu drone pun di Selat Hormuz maupun di tempat lainnya,” tulis Deputi Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi di Twitter. Ia menyatakan ia “khawatir” kapal perang Amerika telah menembak jatuh pesawat nirawaknya sendiri “secara tidak sengaja.”

Presiden Donald Trump, Kamis (18/7) mengatakan kapal perang Amerika menghancurkan sebuah drone Iran yang mengancam kapal tersebut dan awaknya di Selat Hormuz.

Trump mengatakan kepada para wartawan yang berkumpul untuk mengikuti acara di Gedung Putih bahwa drone itu terbang hingga radius 900 meter dari USS Boxer dan mengabaikan “seruan berulang kali untuk mundur.”

“Drone itu langsung dihancurkan,” ujar Trump.

Trump mengatakan, ini adalah yang terbaru dari sekian banyak tindakan provokatif dan bermusuhan oleh Iran terhadap kapal-kapal yang beroperasi di perairan internasional. Amerika Serikat memiliki hak untuk membela personel, fasilitas dan kepentingan-kepentingannya.

Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif. (Foto: dok).
Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif. (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, Kamis (18/7) di New York mengatakan ia tidak memiliki informasi mengenai kehilangan drone hari itu.

Tetapi Trump meminta semua negara agar mengutuk apa yang ia sebut “upaya Iran mengganggu kebebasan navigasi dan perdagangan global.”

Pentagon mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa insiden itu terjadi sekitar pukul 10 pagi waktu setempat, dan bahwa “kapal amfibi USS Boxer sedang berada di perairan internasional melakukan persinggahan di luar negeri yang telah direncanakan di Selat Hormuz. Sebuah pesawat nirawak mendekati Boxer dan berada dalam jarak yang mengancam. Kapal itu mengambil tindakan defensif terhadap pesawat nirawak tersebut untuk memastikan keselamatan kapal dan awaknya.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran memuncak terkait sanksi-sanksi Amerika yang telah menghancurkan ekonomi Iran, dan penarikan keluar Amerika tahun lalu dari perjanjian nuklir 2015 dengan Iran. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG