Tautan-tautan Akses

Iran: AL Amerika Lepaskan Tembakan Peringatan Terhadap Kapal Iran di Teluk Persia


FILE - Kapal Iran berdekatan dengan kapal patroli AL AS USS Thunderbolt (R) di Teluk Persia.
FILE - Kapal Iran berdekatan dengan kapal patroli AL AS USS Thunderbolt (R) di Teluk Persia.

Pengawal Revolusioner elit Iran mengatakan hari Sabtu (29/7) sebuah kapal induk Angkatan Laut Amerika melepaskan tembakan dalam konfrontasi yang tidak professional dengan kapal-kapal Iran, kata laporan kantor berita resmi IRNA.

IRNA mengutip pernyataan dari Pengawal Revolusioner mengatakan bahwa USS Nimitz dan satu kapal pendampingnya melintas dekat anjungan minyak lepas pantai Iran di Teluk Persia dan sebuah helikopter dari kapal itu terbang dan berhenti di atas kapal-kapal yang awaknya Pengawal Revolusioner elit Iran.

Laporan itu mengatakan konfrontasi itu terjadi Jumat sore dan kapal-kapal angkatan laut Amerika meninggalkan daerah itu setelah konfrontasi tersebut. Armada ke-5 Angkatan Laut Amerika yang berbasis di Bahrain belum mengeluarkan tanggapan.

Insiden itu terjadi setelah sebuah kapal patroli Angkatan Laut Amerika melepaskan tembakan peringatan hari Selasa dekat sebuah kapal Iran yang menurut tentara laut Amerika datang terlalu dekat dan membahayakan dalam konfrontasi yang tegang. [gp]

XS
SM
MD
LG