Tautan-tautan Akses

Iran: 3 Tentara Tewas, 16 Anggota ISIS Ditangkap


Tentara Garda Revolusi duduh di depan kapal perang baru, di Kota Busher, kota di utara Teluk Persia, Iran, 13 September 2016.
Tentara Garda Revolusi duduh di depan kapal perang baru, di Kota Busher, kota di utara Teluk Persia, Iran, 13 September 2016.

Pasukan elit Garda Revolusi Iran mengatakan tiga tentara tewas dan 16 militan ISIS ditangkap dalam bentrokan Sabtu (27/1), di bagian selatan negara itu.

Website Garda Revolusi, Sepahnews, mengutip komandan pasukan darat, Jenderal Mohammad Pakpour, mengatakan 16 anggota ISIS ditangkap dan beberapa lainnya tewas dalam bentrokan di Provinsi Fars.

“Teroris ingin melakukan serangan di kota-kota perbatasan dan di pusat wilayah Iran,” kata Pakpour menambahkan, seperti dikutip kantor berita AFP.

Sepahnews sebelumnya melaporkan bahwa militan ISIS telah menyusup dari perbatasan barat dengan Irak.

Iran adalah salah satu pendukung utama rezim Suriah dan telah mengirim penasihat militer dan ribuan “relawan” untuk memerangi ISIS di Suriah dan Irak.

Pada Juni, ISIS mengaku bertanggung jawab atas dua serangan terhadap parlemen Iran dan makam Ayatollah Rohullah Khomeini, yang menewaskan 178 orang dan melukai puluhan lainnya.

Sejak itu, Iran melacak dan membunuh beberapa tersangka militan ISIS, dan dalam beberapa bulan terakhir mengumumkan penangkapan puluhan tersangka anggota ISIS. [ds/sp]

XS
SM
MD
LG