Tautan-tautan Akses

Insiden Asian Games: Salah Paham, Perenang China Serang Perenang Korsel


Perenang putri Korea Selatan, Kim Hye-jin
Perenang putri Korea Selatan, Kim Hye-jin

Seorang perenang putri Korea Selatan diserang oleh seorang atlet China, setelah terlibat pertengkaran di Asian Games di Jakarta, kantor berita Yonhap Korea Selatan melaporkan hari Kamis (23/8).

Insiden itu terjadi setelah Kim Hye-jin secara tidak sengaja memukul wajah perenang China saat berlatih di Aquatic Centre di Jakarta, kata Yonhap, mengutip Komite Olahraga dan Olimpiade Korea (KSOC).

Perenang Cina tersebut, yang tidak disebutkan namanya, kemudian menendang Kim dan keduanya harus dipisahkan oleh pelatih dan atlet lainnya, kata laporan itu.

"Dua perenang bertengkar setelah mereka terlibat dalam kontak fisik," kata seorang pejabat KSOC. "Kim minta maaf dulu, tapi tampaknya atlet China itu tidak mengerti apa yang dikatakannya dan menyerangnya."

Staf tim China kemudian minta maaf di tempat kejadian kepada tim Korea Selatan atas insiden tersebut, dan kemudian kembali minta maaf di penginapan para atlet, menurut KSOC.

Seorang juru bicara KSOC kemudian mengecilkan insiden itu.

"Ini adalah sesuatu yang biasa terjadi antara sesama perenang selama latihan, dan pelatih tim China telah meminta maaf," kata juru bicara KSOC kepada AFP.

Kim, 24, berada di urutan kelima dalam final 100 meter gaya dada putri di Jakarta pada hari Minggu (19/8).

Penyelenggara Asian Games mengatakan mereka tidak mengetahui terjadinya insiden itu ketika dimintai keterangan oleh AFP. Komite Olimpiade China tidak bersedia memberikan komentar. [pp]

XS
SM
MD
LG