Tautan-tautan Akses

Inggris Longgarkan Aturan Karantina untuk Perjalanan ke AS dan Uni Eropa


Para penumang menaikin kereta Eurostar di stasiun Pancras International, London, 23 Desember 2020.
Para penumang menaikin kereta Eurostar di stasiun Pancras International, London, 23 Desember 2020.

Inggris, Kamis (24/6), mengumumkan rencana untuk melonggarkan beberapa pembatasan perjalanan terkait pandemi dengan mengizinkan mereka yang sepenuhnya divaksinasi dapat mengunjungi berbagai negara tanpa harus menjalani isolasi diri ketika kembali.

Departemen Transportasi berharap dapat menerapkan kebijakan baru secara bertahap pada akhir musim panas ini.

Perubahan itu akan berlaku bagi warga yang divaksinasi sepenuhnya dan bepergian ke daerah tujuan dalam daftar "kuning" pemerintah, yang mencakup sebagian besar dunia, termasuk Amerika Serikat (AS) dan sebagian besar Uni Eropa.

Rencana tersebut diumumkan setelah perusahaan maskapai penerbangan dan perusahaan penyedia jasa liburan minta agar pemerintah Inggris melonggarkan pembatasan perjalanan internasional yang telah melumpuhkan industri itu. Sejumlah protes terjadi di seluruh negeri pada Rabu (23/6) di mana beberapa pilot, pelaku bisnis perhotelan dan agen perjalanan menuntut bantuan pencabutan pembatasan.

“Kami bergerak maju agar upaya perjalanan internasional dibuka kembali dengan aman pada musim panas ini. Berkat keberhasilan program vaksinasi, kami sekarang mempertimbangkan penghapusan periode karantina untuk kedatangan di Inggris bagi mereka yang telah divaksinasi penuh dari negara-negara zona kuning. Ini pertanda suatu kemajuan yang nyata,” kata Menteri Transportasi Grant Shapps dalam sebuah pernyataan.

Hampir 61 persen orang dewasa Inggris telah divaksinasi sepenuhnya, sementara 83 persen telah menerima satu dosis vaksin.

Pemerintah Inggris juga menambahkan 17 negara dan wilayah, termasuk Malta, Kepulauan Balearic, dan Madeira, ke dalam daftar "hijau" untuk tujuan perjalanan yang aman. Warga yang bepergian ke daerah tujuan tersebut tidak lagi harus menjalani karantina selama sepuluh hari ketika kembali ke Inggris.

Daerah tujuan yang ditambahkan ke dalam daftar hijau mencakup Malta, Madeira, Kepulauan Balearic, Anguilla, Bermuda, wilayah Antartika Inggris, berbagai pulau di wilayah Samudra yang dikuasai Inggris, Kepulauan Virgin Inggris, Kepulauan Cayman, Montserrat, Kepulauan Pitcairn, Kepulauan Turks dan Caicos, Antigua, Barbuda, Dominika, Barbados dan Grenada. Perubahan itu mulai berlaku pada 30 Juni, pukul 04.00 waktu setempat. [mg/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG