Tautan-tautan Akses

Inggris Gagal Tenangkan Kekhawatiran AS soal Teknologi 5G China


Menlu Inggris Jeremy Hunt (kiri) dalam konferensi pers bersama Menlu AS Mike Pompeo di London hari Rabu (8/5).

Jabatan tangan di depan media di depan rumah tinggal resmi Menlu Inggris Jeremy Hunt sifatnya bersahabat. Menlu Amerika Mike Pompeo dan Menlu Inggris Jeremy Hunt bercanda soal cuaca hari itu.

Pompeo melakukan kunjungan resminya yang pertama ke London sebagai Menlu Amerika, dan mempertegas hubungah khusus antara Inggris dan Amerika. Hubungan khusus ini tidak sekedar langgeng, tetapi terus berkembang, demikian kata Pompeo pada konferensi pers menyusul pertemuan dengan Jeremy Hunt dan PM Theresa May.

Tetapi dibalik semua keakraban ini, lawatan ini juga membeberkan keretakan dalam hubungan akibat perbedaan tajam seputar kebijakan terhadap Iran, serta pendekatan hubungan Inggris dengan China.

Diplomat top Amerika memberi peringatan publik di London tentang hubungan dengan China, khususnya teknologi bisnis telekomunikasi China Huawei yang akan mengembangkan jaringan nir-kabel Inggris generasi ke lima (5G).

Dia mendesak Inggris untuk mempertimbangkan kembali keputusannya untuk mengijinkan Huawei berperan dalam membangung jejaring itu, dan memperingatkan bahwa pemerintah China hendak memecah belah persekutuan Barat. (jm)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG