Tautan-tautan Akses

Inggris Desak Eropa dan AS Lebih Jauh Melawan Rusia


Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt berbicara tentang kebijakan luar negeri Inggris di Institut Perdamaian AS (US Institute of Peace) di Washington, DC, 21 Agustus 2018.

Menteri Luar Negeri baru Inggris, Jeremy Hunt, Selasa (21/8) mendesak Amerika dan negara-negara Eropa untuk berbuat lebih banyak dalam menyebut apa yang dilakukan Rusia sebagai "perilaku memfitnah" dan terus mengawasi Vladimir Putin, terutama dengan menerapkan sanksi tegas.

Inggris menyalahkan Rusia atas insiden racun syaraf Maret lalu di Inggris barat daya terhadap mantan agen ganda Rusia Sergei Skripal dan putrinya Yulia - menggunakan racun syaraf buatan Soviet - menjerumuskan kedua negara dalam krisis diplomatik.

Sejumlah negara Barat menghukum Rusia dengan mengusir diplomat Rusia secara terkoordinasi. Beberapa telah melangkah lebih jauh, dengan tindakan hukuman lainnya.

Tindakan-tindakan itu di luar sanksi yang sudah diberlakukan terhadap Rusia setelah mencaplok Krimea atau campur-tangan Rusia dalam pemilu negara lain, terutama pemilihan presiden Amerika tahun 2016.

Hunt, yang akan bertemu hari Rabu dengan Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo, meminta Amerika, sebagai sekutu Inggris, untuk mengambil tindakan tambahan.

Pemerintah Presiden Donald Trump telah bersikap tegas terhadap Rusia, dengan secara teratur mengumumkan sanksi baru atas kasus Skripal, tetapi pesan itu sering dibenamkan oleh keinginan presiden Amerika meningkatkan hubungan dengan Putin. [ka]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG