Tautan-tautan Akses

Inggris Bersiap Lantik Theresa May Sebagai PM Baru


Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa May.
Menteri Dalam Negeri Inggris, Theresa May.

Tantangan pertama yang dihadapi May adalah seruan dari pihak oposisi untuk mengadakan pemilihan umum lebih awal.

Sebuah kejutan lagi pasca 'Brexit' dalam kancah perpolitikan di Inggris. Pejabat pemerintah dan Istana Buckingham Senin (11/7) bersiap-siap untuk melantik Menteri Dalam Negeri Theresa May sebagai perdana menteri baru dan menghuni Downing Street mulai Rabu menggantikan David Cameron.

Kejadian mengejutkan ini dipicu pengunduran diri tiba-tiba oleh pesaing May, Andrea Leadsom, sehingga hilanglah satu-satunya penghambat bagi May menjadi PM dari Partai Konservatif Inggris.

Leadsom, ibu tiga anak, undur diri menyusul kisruh di akhir minggu akibat kritik dari media dan partai karena komentarnya yang menggembar-gemborkan dirinya sebagai lebih siap sebagai pemimpin ketimbang May yang tidak punya anak.

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Menteri Energi Leadsom mengatakan, “persaingan selama sembilan minggu bagi kepemimpinan Inggris pada momen yang kritis ini sungguh tidak kita inginkan.” Namun dia tidak mengacu pada gelombang kritik yang diterimanya.

Media juga tidak memperkirakan pengunduran diri Leadsom secepat ini.

Tantangan pertama yang dihadapi May adalah seruan dari pihak oposisi untuk mengadakan pemilihan umum lebih awal. Pemilihan baru dijadwalkan pada 2020, tetapi sebuah pemilihan mendadak bisa diselenggarakan jika dua pertiga anggota parlemen menyetujuinya. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG