Tautan-tautan Akses

Inggris Berkabung atas Mangkatnya Ratu Elizabeth


Seorang pelayat terlihat menangis saat memberikan penghormatan di gerbang Istana Buckingham di London, Jumat, 9 September 2022. (Foto: AP)
Seorang pelayat terlihat menangis saat memberikan penghormatan di gerbang Istana Buckingham di London, Jumat, 9 September 2022. (Foto: AP)

Raja Inggris Charles III kembali ke London pada Jumat dari Puri Balmoral di Skotlandia di mana ibundanya, Ratu Elizabeth, mangkat pada hari Kamis.

Charles, yang berusia 73 tahun dan raja tertua yang naik takhta, dijadwalkan menyampaikan pidato yang ditayangkan televisi kepada bangsanya yang berkabung pada Jumat. Ini akan menjadi pidato pertamanya sebagai kepala negara.

Raja Charles pada Jumat juga dijadwalkan mengadakan audiensi pertamanya dengan PM Liz Truss di Istana Buckingham. Elizabeth mengangkat Truss ke posisi barunya sebagai perdana menteri hari Selasa, hanya dua hari sebelum ratu yang paling lama berkuasa di Inggris itu meninggal dunia.

Parlemen mengadakan sidang istimewa tengah hari Jumat untuk memberi penghormatan kepada ratu. Truss dan para menteri lainnya Jumat juga dijadwalkan menghadiri acara mengenang ratu di Katedral St. Paul.

Setelah itu, tembakan kehormatan dijadwalkan dilakukan di Hyde Park dan lokasi-lokasi lainnya.

Pemakaman Elizabeth akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang di Westminster Abbey, London. Hari itu akan ditetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional yang merupakan hari libur umum.

Tumpukan bunga yang kian menggunung serta penghormatan terhadap ratu berlangsung bukan hanya di Istana Buckingham dan Puri Windsor, tetapi juga di kedutaan-kedutaan serta katedral-katedral Inggris di seluruh dunia. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG