Tautan-tautan Akses

Industri Sepatu AS Protes Rencana Tarif atas Impor China


Seorang pria mengenakan sepatu merek Nike di Beijing, 21 Mei 2019.

Lebih dari 170 produsen dan pengecer sepatu, termasuk Nike, Under Armour, dan Adidas, mendesak presiden Trump pada Selasa (21/5) untuk mengecualikan sepatu dari daftar pengenaan tarif atas impor dari China.

Lobi untuk industri sepatu, the Footwear Distributors and Retailers of America, memberitahu Trump dalam sebuah surat bahwa usulan tarif sebesar 25 persen atas sepatu yang diimpor dari China, akan “menjadi bencana untuk konsumen kami, bisnis kami, serta ekonomi Amerika.” Industri sepatu mengimpor produk bernilai $11,4 miliar dari China tahun lalu, meskipun beberapa produsen mengalihkan produksi ke tempat-tempat lain, khususnya ke Vietnam dan Kamboja.

Katanya, tarif yang diusulkan atas sepatu buatan China akan menyebabkan konsumen Amerika menanggung biaya $7 miliar per tahun lebih banyak, selain pungutan yang sudah diberlakukan.

“Jangan mengira bahwa konsumen Amerika tidak membayar tarif atas produk yang sudah diimpor,” kata ke-173 perusahaan itu, membantah pernyataan Trump yang tidak tepat bahwa China yang membayar tarif itu dan uangnya langsung dipungut oleh Departemen Keuangan Amerika. [jm]

XS
SM
MD
LG