Tautan-tautan Akses

India Janjikan Normalisasi Hubungan dengan Pakistan


PM Manmohan Singh hari Senin mengatakan India bersedia membahas semua masalah bilateral yang mengganjal.

Perdana Menteri India telah menyampaikan komitmen negaranya bagi normalisasi hubungan dengan Pakistan, negara tetangga sekaligus saingan lamanya.

Perdana Menteri Manmohan Singh hari Senin mengatakan India bersedia membahas “semua masalah yang mengganjal“, tapi rasa ketidak-percayaan menjadi hambatan utama peningkatan hubungan India – Pakistan.

Singh yakin India tidak akan bisa mewujudkan semua potensi ekonominya kecuali jika bisa meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangganya sebaik mungkin.

Menanggapi pernyataan pemimpin India itu, jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Abdul Basit mengatakan adalah penting membangun rasa saling percaya bagi kedua negara agar bisa hidup damai dan makmur. Basit menambahkan India dan Pakistan perlu terus membina hubungan yang berkelanjutan dan bermanfaat.

Perdana Menteri Singh bulan lalu bertemu dengan rekan sejawatnya dari Pakistan, Yousuf Raza Gilani, disela-sela pertemuan regional di Bhutan. Menteri-menteri luar negeri kedua negara bulan Juli dijadwalkan melakukan pembicaraan di Islamabad.


XS
SM
MD
LG