Tautan-tautan Akses

AS

Iming-Iming Serta Ancaman Ditawarkan oleh Wapres Mike Pence dalam Pidato Tentang Venezuela


Wapres AS, Mike Pence, tiba untuk berbicara pada Konferensi Washington untuk Benua Amerika ke-49, Selasa, 7 Mei 2019, di Deplu AS, Washington, D.C. (foto: AP Photo/Patric Semansky)

Dalam sebuah pidato yang memuat baik bujukan maupun ancaman, Wapres Amerika Mike Pence mengumumkan penghapusan sanksi terhadap bekas badan intelijen Venezuela, dan memperingatkan ke 25 hakim Mahkamah Agung Venezuela tentang kemungkinan penghukuman, serta menegaskan semua opsi dipertimbangkan untuk mencopot Presiden Nicolas Maduro.

Hadirin di Deplu Amerika yang menghadiri Konferensi Tahunan Benua Amerika diam ketika Pence menyinggung kemungkinan tindakan militer.

Hadirin juga tidak bertepuk tangan pada momen-momen lain dari pidatonya ketika dia berjanji bahwa Amerika akan bersama rakyat Venezuela sampai kebebasan dipulihkan disana.

Pentagon juga mengerahkan USNS Comfort, sebuah kapal rumah sakit militer, ke kawasan pada Juni selama lima bulan untuk memberikan pengobatan medis kepada pengungsi Venezuela dan lain-lainnya, demikian ditegaskan Pence.

Departemen Keuangan Amerika pada Selasa membatalkan sanksi terhadap diri Jenderal Manuel Figuera, yang memimpin badan intelijen Sabin dan sudah membelot. Dia adalah diantara ke 150 pejabat dan bisnis yang dikenakan sanksi sebagai bagian dari upaya Amerika untuk memperlemah dukungan bagi Maduro. [jm]

XS
SM
MD
LG