Tautan-tautan Akses

Direktur dana moneter internasional IMF mengatakan hari Minggu (12/2) bahwa Presiden Amerika Donald Trump kemungkinan besar baik bagi ekonomi Amerika dalam jangka pendek, walaupun suku bunga yang naik dan dolar yang menguat akan menantang perdagangan dunia.

Christine Lagarde mengatakan rencana Trump untuk investasi tambahan dalam prasarana Amerika dan kemungkinan reformasi pajaknya akan memperkuat ekonomi Amerika.

Namun, Lagarde mengakui bahwa kebijakan Trump kemungkinan akan memperkecil pasar internasional.

"Yaitu perketatan yang akan mempersulit ekonomi sedunia dan untuk itu ekonomi negara-negara lain harus bersiap-siap," kata Lagarde dalam acara Pertemuan Puncak Pemerintah Dunia di Dubai.

Ketika ditanya mengapa dunia tidak memperkirakan kebangkitan Trump dan rakyat Inggris yang memilih keluar dari Uni Eropa, Lagarde menggambarkan adanya dorongan yang menyusup dengan licik ke arah pemikiran anti-globalisasi dan proteksionisme.

"Kita selama ini mengatakan globalisasi sangat baik, perdagangan internasional sangat baik, dan memang sangat baik," katanya. "Tetapi kita tidak melihat orang-orang yang terkena dampak buruknya."

Dia menuduh dampak buruk itu sebagian disebabkan oleh kebangkitan robot-robot yang mengambil alih lapangan pekerjaan, serta kemajuan yang mengecil golongan menengah sedunia.

Lagarde dengan berhati-hati menghindarkan pertanyaan mengenai pemikirannya tentang Trump di Gedung Putih dengan mengatakan "ini sesungguhnya proses yang sedang berjalan, banyak pengumuman, banyak cuitan, banyak hal-hal yang dikatakan."

Namun, dia menekankan pentingnya data dan fakta dalam pengambilan keputusan.

"Saya tahu tidak menarik lagi sekarang ini, tetapi saya kira bahwa fakta, angka-angka dan pemeriksaan sesungguhnya realitas sangat penting dan bahwa kita harus jujur mengenai kebenaran," katanya. [gp]

XS
SM
MD
LG