Tautan-tautan Akses

ICRC: Kekerasan di Afghanistan Ancam Bantuan Kemanusiaan


Militan bersenjata di Afghanistan merupakan ancaman bagi organisasi-organisasi kemanusiaan.
Militan bersenjata di Afghanistan merupakan ancaman bagi organisasi-organisasi kemanusiaan.

ICRC mengemukakan temuannya di Kabul, hanya satu hari sebelum Presiden Obama mempublikasikan kajian strategi Amerika di Afghanistan.

Komite Palang Merah Internasional (ICRC) memperingatkan bahwa meluasnya kekerasan di Afghanistan mengancam upaya bantuan kemanusiaan.

Kelompok yang jarang berkomentar di hadapan publik ini menyampaikan komentarnya hari Rabu, di Kabul – ibukota Afghanistan.

Direktur ICRC di Afghanistan Reto Stocker mengatakan proliferasi kelompok-kelompok bersenjata kini mengancam kemampuan berbagai organisasi kemanusiaan yang menolong mereka yang membutuhkan.

Ia mengatakan, ICRC – yang secara tradisional bekerja melintasi garis perbatasan musuh – kini mengalami kondisi kerja yang paling sulit di Afghanistan, dalam 30 tahun. Reto Stocker mengatakan proliferasi kelompok-kelompok bersenjata ukuran kecil di Afghanistan telah membuat keadaan terlalu berbahaya untuk bekerja.

Temuan ICRC dikemukakan hanya satu hari sebelum Presiden Obama mempublikasikan kajian strategi Amerika di Afghanistan. Laporan-laporan mengatakan kajian tersebut diperkirakan akan melaporkan kemajuan dalam perjuangan melawan Taliban.

XS
SM
MD
LG