Tautan-tautan Akses

Hujan Deras, Tanah Longsor Menewaskan 18 Orang di India Selatan 


Para petugas SAR mencoba mendorong truk yang terguling di lumpur dan puing-puing di lokasi tanah longsor akibat hujan deras di Kokkayar, negara bagian Kerala, India, Minggu, 17 Oktober 2021.
Para petugas SAR mencoba mendorong truk yang terguling di lumpur dan puing-puing di lokasi tanah longsor akibat hujan deras di Kokkayar, negara bagian Kerala, India, Minggu, 17 Oktober 2021.

Sedikitnya 18 orang tewas sehari setelah hujan lebat melanda desa-desa dan membanjiri jalan-jalan di negara bagian Kerala, India selatan.

Kantor berita Press Trust of India (PTI) melaporkan, mengutip para pejabat yang mengatakan tim penyelamat menemukan mayat di dua distrik yang paling parah terimbas bencana, Kottayam dan Idukki, di mana hujan lebat memicu tanah longsor besar-besaran.

Pasukan Tanggap Bencana Nasional dan Angkatan Darat India mengerahkan tim untuk membantu upaya penyelamatan karena beberapa warga masih dikhawatirkan belum ditemukan.

Pada Sabtu (16/10), ketika hujan lebat mulai, laporan televisi menunjukkan orang-orang berjuang melewati air setinggi dada untuk menyelamatkan penumpang dari sebuah bus yang hampir tenggelam oleh arus deras yang membanjiri jalan.

Menteri utama negara bagian, Pinarayi Vijayan, mendesak warga pada hari Minggu agar sangat berhati-hati meskipun curah hujan yang tinggi telah mereda. Dia menambahkan lebih dari 100 kamp bantuan telah didirikan.

Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan dia telah berbicara dengan menteri utama itu dan menambahkan bahwa pihak berwenang sedang bekerja keras untuk menyelamatkan mereka yang terkena dampak bencana.

“Saya berdoa untuk keselamatan dan kesejahteraan semua orang,” katanya dalam sebuah cuitan di Twitter.

Pada 2018, Kerala mengalami bencana banjir ketika hujan deras di tengah musim hujan menewaskan 223 orang dan menyebabkan ratusan ribu orang mengungsi dari rumah mereka. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG