Tautan-tautan Akses

Hubungan Mulai Tenang, Menlu China, Jepang Bertemu di Beijing


Menlu Jepang Taro Kono (kanan) bersama Menlu China Wang Yi saat bertemu di Tokyo, Jepang, 15 April 2018. (Foto: dok).

Menteri-menteri luar negeri China dan Jepang telah bertemu di tengah-tengah suasana tenang yang cukup lama dalam hubungan kedua negara yang kerap bergolak.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono hari Selasa (20/8), sehari sebelum pertemuan puncak yang akan melibatkan sejawat mereka, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha.

Beijing telah mendorong hubungan yang lebih erat dengan Tokyo, setelah hubungan kedua negara berada di titik terendahnya beberapa tahun silam di tengah-tengah perselisihan mengenai pulau-pulau di Laut China Timur yang dikuasai Jepang tetapi diklaim oleh China.

Pertemuan puncak hari Rabu itu berlangsung di tengah-tengah memburuknya ketegangan antara Korea Selatan dan Jepang terkait perdagangan dan sejarah semasa perang.

Hari Senin (19/8), juru bicara kementerian luar negeri China Geng Shuang mengatakan China berharap dapat memperdalam kerjasama pragmatis di berbagai bidang dengan Jepang dan Korea Selatan. Para menteri juga akan mengadakan pertemuan bilateral sewaktu berada di Beijing. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG