Tautan-tautan Akses

Dalam pidato Malam Tahun Baru, Hu mengatakan Tiongkok akan bekerjasama negara lain 'mempromosikan pembangunan dunia yang harmonis'.

Presiden Tiongkok Hu Jintao telah menjanjikan hubungan damai dengan negara-negara lain pada tahun 2011, sementara terus mengingatkan transformasi ekonomi yang bergantung pada ekspor di negara itu.

Dalam pidato Malam Tahun Baru, Presiden Hu mengatakan Tiongkok akan bekerja dengan negara-negara di seluruh dunia untuk bersama-sama “mempromosikan pembangunan dunia yang harmonis”. Ia mengatakan Tiongkok akan “selamanya melanjutkan strategi pembangunan bersama yang saling menguntungkan”.

Amerika – satu diantara negara-negara lain – telah mengecam tajam keengganan Tiongkok untuk membiarkan nilai yuan naik. Hal ini akan membuat ekspor-nya lebih mahal dan ikut mengecilkan surplus perdagangan yang besar dengan Amerika.

Presiden Hu dan Presiden Barack Obama merencanakan sebuah KTT di Washington pertengahan Januari. Sengketa mata uang dan isu-isu ekonomi lainnya diperkirakan akan menjadi agenda utama dalam diskusi mereka.

XS
SM
MD
LG