Tautan-tautan Akses

Hu Jintao Janjikan Perdamaian dan Transformasi Ekonomi


Presiden Tiongkok Hu Jintao
Presiden Tiongkok Hu Jintao

Dalam pidato Malam Tahun Baru, Hu mengatakan Tiongkok akan bekerjasama negara lain 'mempromosikan pembangunan dunia yang harmonis'.

Presiden Tiongkok Hu Jintao telah menjanjikan hubungan damai dengan negara-negara lain pada tahun 2011, sementara terus mengingatkan transformasi ekonomi yang bergantung pada ekspor di negara itu.

Dalam pidato Malam Tahun Baru, Presiden Hu mengatakan Tiongkok akan bekerja dengan negara-negara di seluruh dunia untuk bersama-sama “mempromosikan pembangunan dunia yang harmonis”. Ia mengatakan Tiongkok akan “selamanya melanjutkan strategi pembangunan bersama yang saling menguntungkan”.

Amerika – satu diantara negara-negara lain – telah mengecam tajam keengganan Tiongkok untuk membiarkan nilai yuan naik. Hal ini akan membuat ekspor-nya lebih mahal dan ikut mengecilkan surplus perdagangan yang besar dengan Amerika.

Presiden Hu dan Presiden Barack Obama merencanakan sebuah KTT di Washington pertengahan Januari. Sengketa mata uang dan isu-isu ekonomi lainnya diperkirakan akan menjadi agenda utama dalam diskusi mereka.

XS
SM
MD
LG