Tautan-tautan Akses

Houthi Rebut Kapal Kargo Uni Emirat Arab di Lepas Pantai Yaman


Sebuah kapal kargo berlabuh untuk menurunkan gandum di pelabuhan Laut Merah Hodeida, Yaman 1 Oktober 2017. Foto: ilustrasi. (REUTERS/Abduljabbar Zeyad)
Sebuah kapal kargo berlabuh untuk menurunkan gandum di pelabuhan Laut Merah Hodeida, Yaman 1 Oktober 2017. Foto: ilustrasi. (REUTERS/Abduljabbar Zeyad)

Houthi rebut kapal 'musuh' di lepas pantai Yaman, Saudi nyatakan kapal itu membawa peralatan medis

Gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran membajak satu kapal kargo berbendera Uni Emirat Arab. Kapal itu membawa peralatan rumah sakit dari pelabuhan Hodeidah di Yaman barat, kata koalisi pimpinan Saudi, Senin (3/1).

Juru bicara militer Houthi, yang mengendalikan sebagian besar Yaman utara, mengkonfirmasi penyitaan kapal kargo tetapi mengatakan kapal itu membawa peralatan militer dan terlibat "tindakan permusuhan yang menarget keamanan dan stabilitas rakyat Yaman."

Kapal itu sedang menuju pelabuhan Jizan, Arab Saudi, tepat di utara Yaman, dari pulau Socotra di Laut Merah Yaman ketika diserang Minggu tepat sebelum tengah malam, kantor berita resmi Saudi, SPA, melaporkan, mengutip juru bicara koalisi Brigadir Jenderal Turki al-Malki. Kapal itu membawa peralatan dari rumah sakit lapangan yang ditutup, ketika diserang, kata SPA.

Arab Saudi memimpin koalisi militer yang telah memerangi Houthi selama lebih dari enam tahun.

Aliansi itu menuduh gerakan itu menyerang kapal-kapal di Laut Merah, salah satu jalur maritim tersibuk di dunia yang menuju Terusan Suez. [ka/ab]

XS
SM
MD
LG