Tautan-tautan Akses

Host Pingsan, Perdebatan Calon PM Inggris Berhenti Mendadak


Kombinasi foto yang menunjukkan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss (kiri) dan mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak. (Foto: AFP/Daniel Leal and Tolga Akmen)
Kombinasi foto yang menunjukkan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss (kiri) dan mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak. (Foto: AFP/Daniel Leal and Tolga Akmen)

Debat televisi antara para kandidat Perdana Menteri Inggris yang baru terpaksa dihentikan pada Selasa (26/7) setelah pembaca acara debat tersebut jatuh pingsan.

Rishi Sunak dan Liz Truss yang berkampanye untuk menggantikan Perdana Menteri Boris Johnson sedang berdebat di saluran Talk TV ketika sebuah suara keras seperti benda jatuh terdengar.

Kamera TV sedang diarahkan pada Truss, yang kaget dan mengatakan “Oh my God” sebelum akhirnya siaran dihentikan.

Talk TV kemudian dalam sebuah pernyataan mengatakan moderator Kate McCann “pingsan ketika siaran berlangsung tadi malam, dan meskipun dia baik-baik saja, pihak medis menyarankan kami tidak meneruskan perdebatan.”

Perdebatan tersebut disponsori oleh tabloid The Sun dan Talk TV, di mana kedua media itu merupakan milik Rupert Murdoch.

McCann adalah redaktur politik Talk TV, dan dijadwalkan untuk menjadi membawakan acara debat tersebut bersama Harry Cole dari The Sun, tetapi Cole dites positif tertular COVID pada Selasa.

Insiden tersebut terjadi sekitar setengah jam setelah perdebatan berlangsung, ketika Truss dan Sunak berdebat soal pajak, bagaimana membantu keluarga yang menghadapi harga-harga yang menjulang tinggi, dan bagaimana sebaiknya mendanai Layanan Kesehatan Nasional Inggris.

Kedua kandidat sedang berkampanye untuk menggantikan Johnson yang mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif pada 7 Juli setelah selama berbulan-bulan didera berbagai skandal yang memicu eksodus besar-besaran para menteri di dalam kabinet Inggris. [jm/ps]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG