Tautan-tautan Akses

Hillary Clinton Mulai Kampanye untuk Pemilu Presiden


Mantan Menlu AS, Hillary Rodham Clinton memulai kampanye untuk pilpres 2016 (foto: dok).
Mantan Menlu AS, Hillary Rodham Clinton memulai kampanye untuk pilpres 2016 (foto: dok).

Hillary Clinton telah memulai kampanye pemilunya untuk jabatan presiden tahun 2016, hari Senin (13/4).

Hillary Clinton telah memulai kampanye pemilunya untuk jabatan presiden tahun 2016, sementara pesaing dari Partai Republik juga mengumumkan pencalonan dirinya.

Mantan Menlu Amerika tersebut mulai berkampanye di berbagai negara bagian dimulai dari Iowa, tempat asal kaukus presiden pertama Amerika.

Clinton mengumumkan pencalonannya sebagai kandidat Partai Demokrat hari Minggu dalam sebuah video online di mana ia berjanji akan memperbaiki nasib kalangan menengah.

Clinton adalah calon Partai Demokrat pertama yang menyatakan ikut dalam persaingan untuk menggantikan Presiden Obama yang mengalahkannya dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat tahun 2008. Obama tidak akan mencalonkan diri lagi setelah dua masa jabatan sebagai presiden.

Sementara itu, persaingan makin ramai. Senator Marco Rubio dari Partai Republik mengatakan pada para donatur utamanya hari Senin bahwa ia mencalonkan diri untuk menjadi Presiden.

Rubio diharapkan untuk membuat pengumuman resmi dalam acara Senin malam di Miami di lokasi dimana pihak berwenang Amerika pertama kali mendaftar warga Kuba yang melarikan diri dari pemerintahan Fidel Castro pada tahun 1960-an. Rubio adalah senator amerika keturunan Kuba.

XS
SM
MD
LG