Tautan-tautan Akses

Hillary Clinton Hadir di Gedung Putih, Umumkan Penghargaan Seni


Mantan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton (kanan) dan ibu negara Jill Biden tiba di acara penghargaan Praemium Imperiale Laureates di Gedung Putih, Washington, pada 12 September 2023. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Hillary Clinton mengunjungi Gedung Putih pada Selasa (12/9), untuk pertama kali sejak masa pemerintahan Presiden Barack Obama. Ia membantu Ibu Negara Jill Biden mengumumkan penghargaan seni global.

Clinton, yang juga merupakan mantan ibu negara, dan Jill Biden bersama-sama mengumumkan penerima Praemium Imperiale, penghargaan seni global tahunan untuk pencapaian seumur hidup oleh Asosiasi Seni Jepang.

Tiga dari lima penerima Praemium Imperiale 2023 hadir. Mereka adalah Robert Wilson untuk karya Teater & Filma, Wynton Marsalis untuk Musik, dan Vija Celmins untuk lukisan.

Clinton sudah beberapa kali ke Gedung Putih sebelum menjadi ibu negara. Kunjungan pertama ketika ia menemani Bill Clinton yang menjabat gubernur Arkansas dari akhir 1970-an hingga awal 1990-an, menghadiri resepsi tahunan para gubernur negara bagian.

Setelah tidak lagi menjadi ibu negara, Clinton tetap sering ke Gedung Putih dalam perannya sebagai senator dan kemudian menteri luar negeri, jabatan yang memberinya kursi permanen di sebelah presiden pada rapat Kabinet.

Ia dua kali mencalonkan diri untuk menjadi perempuan presiden pertama, berkampanye pada 2008 dan 2016, tetapi gagal. Ia tidak pernah mengunjungi Gedung Putih semasa pemerintahan Trump. [ka/jm]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG