Tautan-tautan Akses

Hasil Survei Tunjukkan Optimisme Ekonomi Jepang


Gedung kantor pusat bank sentral Jepang, Bank of Japan di Tokyo. (Foto:Dok)

Survei 'tankan' triwulan bank sentral Jepang, Bank of Japan menunjukkan prospek membaik bagi negara dengan ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Hasil survei yang dirilis hari Senin (2/10) mengindikasikan semakin berkurangnya kapasitas pabrik yang bisa mendorong investasi manufaktur untuk membantu mendorong pertumbuhan.

Para pengusaha manufaktur besar di Jepang juga lebih yakin terhadap kondisi bisnis di negara ini dibandingkan sebelumnya selama sepuluh tahun terakhir karena kenaikan permintaan dunia akan mendorong momentum perbaikan ekonomi,kantor berita Reuters dalam laporannya mengenai survei ‘tankan’.

Namun kalangan ekonom mengatakan prospek jangka panjang kurang optimis, dan pertumbuhan secara keseluruhan tampaknya akan tetap stabil seperti sekarang tetapi tidak bersemangat.

Survei lain, indeks manajer pembelian Nikkei, menunjukkan hasil produksi pabrik dan pemesanan baru meningkat. Lowongan kerja juga diperluas, tetapi pada kecepatan yang lebih lambat, demikian juga harga-harga untuk input manufaktur.

Bulan lalu, Jepang menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk April sampai Juni ke angka tahunan sebesar 2,5 persen, turun dari 4,0 persen yang dilaporkan sebelumnya. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG