Tautan-tautan Akses

Harris Janji Beri Bantuan $310 Juta untuk Tangani Migrasi Amerika Tengah 


Wakil Presiden Kamala Harris mencatat saat berdiskusi soal penanganan imigran melalui konferensi video dengan Presiden Guatemala Alejandro Giammattei, dari Gedung Putih, Washington, 26 April 2021. (Foto: Evelyn Hockstein/Reuters)

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris mengatakan kepada Presiden Guatemala Alejandro Giammattei melalui telepon virtual pada Senin (26/4) bahwa AS akan memberi $310 juta untuk bantuan kemanusiaan kepada Amerika Tengah, ketika negara di kawasan itu menangani gelombang migrasi ke utara.

Harris, yang memimpin upaya Presiden Joe Biden untuk mengatasi masuknya migran dari Guatemala, Honduras, dan El Salvador ke perbatasan AS-Meksiko, bertemu dengan Giammattei melalui konferensi video, sebelum kunjungannya ke Amerika Tengah yang dijadwalkan pada Juni.

"Mengingat situasi yang mengerikan dan penderitaan yang dihadapi jutaan orang di El Salvador, Guatemala, dan Honduras, Wakil Presiden Harris mengumumkan tambahan $310 juta bantuan pemerintah AS untuk kemanusiaan dan mengatasi kerawanan pangan," kata kantornya setelah pertemuan.

Dikatakan kedua pemerintah juga akan mengkoordinasikan upaya penegakan hukum untuk menangani organisasi kriminal yang kegiatannya mendorong migrasi, serta membuka pusat sumber daya migran untuk membentuk migrasi yang aman dan legal.

"Amerika berencana meningkatkan bantuan ke kawasan itu, memperkuat kerja sama untuk menangani migrasi secara efektif, aman, dan manusiawi," janji Harris kepada Giammattei.

Biden telah meminta Kongres dana sebesar $861 juta guna mengatasi penyebab yang mendorong imigrasi tidak teratur dari Amerika Tengah, dalam rencananya bernilai $4 miliar untuk wilayah itu. [ps/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG