Tautan-tautan Akses

Hari Bersyukur Dirayakan di Berbagai Negara


Suasana menjelang liburan Hari Bersyukur (Thanksgiving) di terminal maskapai penerbangan Delta, di LaGuardia, New York, 20 November 2018.

Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang merayakan Hari Bersyukur (Thanksgiving). Perayaan serupa juga berlangsung di Kanada, Grenada, Liberia, Jepang dan Jerman.

Di Kanada, hari libur nasional ini diperingati setiap Senin kedua bulan Oktober.

Di Grenada, Hari Bersyukur dirayakan setiap tanggal 25 Oktober. Hari itu ditujukan untuk memperingati invasi pimpinan AS di Grenada, dimulai pada tanggal itu pada tahun 1983 dan berhasil memulihkan kestabilan politik di negara itu.

Di Liberia, Hari Bersyukur diperingati setiap Kamis pertama bulan November. Tradisi ini serupa dengan peringatan Hari Bersyukur di AS yang berlangsung pada Kamis keempat bulan November.

Di Jepang, Hari Bersyukur dirayakan pada 23 November, dan dinamakan Hari Bersyukur Pekerja. Hari libur itu, yang biasa menandai awal festival musim gugur, juga ditujukan untuk memperingati sumbangsih para pekerja Jepang.

Di Jerman, Hari Bersyukur yang dikenal sebagai Erntedank, dirayakan pada hari Minggu pertama bulan Oktober. Awalnya hari itu ditujukan untuk memperingati masa panen, namun belakangan lebih diperingati sebagai hari libur keagamaan. [ab]

XS
SM
MD
LG