Tautan-tautan Akses

AS

Hanya Sedikit Orang Amerika yang Menilai Demokrasi Berjalan Baik


Para pemilih mendatangi tempat pemungutan suara untuk memilih Senat di Marietta, Georgia, 5 Januari 2021. (Foto: Reuters)

Jajak pendapat terbaru yang dilakukan Associated Press-NORC Center for Public Affairs Research menunjukkan hanya sebagian orang Amerika yang yakin demokrasi masih berkembang pesat di Amerika, meski mayoritas orang setuju bahwa perwakilan pemerintahan merupakan salah satu prinsip dasar.

Hanya 16 persen orang Amerika yang mengatakan demokrasi berjalan dengan baik atau sangat baik, sebuah pesimisme yang merambah spektrum politik. Hampir separuh orang Amerika atau 45 persen menganggap demokrasi tidak berfungsi dengan baik, sementara 38 persen lainnya mengatakan demokrasi berfungsi lumayan baik.

Unsur-unsur inti pemerintahan demokratis, termasuk pemilu yang bebas dan adil, serta peralihan kekuasaan secara damai, mengalami ujian sangat besar ketika mantan presiden Donald Trump menyampaikan klaim yang tidak berdasar bahwa telah terjadi kecurangan dalam pemilu presiden. Pernyataan tentang pemilu yang telah dicurangi itu menjadi akar penyebab aksi kekerasan yang menelan korban jiwa di gedung Kongres Amerika 6 Januari lalu, yang juga merusak reputasi Amerika sebagai model demokrasi.

Trump akan menghadapi pengadilan pemakzulan kedua yang belum pernah terjadi sebelumnya di Senat pekan ini karena perannya memanas-manasi terjadinya aksi kekerasan. Sekitar separuh warga Amerika mengatakan Senat seharusnya menghukum mantan presiden dari Partai Republik itu.

Temuan jajak pendapat itu konsisten dengan temuan serupa sebelum pemilu presiden November lalu tentang bagaimana warga Amerika menilai demokrasi. Namun, ada tanda-tanda bahwa serangan Trump terhadap proses demokrasi – termasuk argumennya yang bersifat mendiskreditkan dan disampaikan berulang kali bahwa hasil pemilu “telah dicuri” karena kecurangan dalam pemilihan – bergema dengan pemilih Partai Republik.

Sekitar dua per tiga warga yang diidentifikasi sebagai pendukung Partai Republik pada Oktober lalu, 68 persen mengatakan demokrasi berjalan lumayan baik. Angka itu anjlok menjadi 36 persen pada Januari. Demokrasi dinilai telah bergerak ke arah berlawanan di mana 70 persen melaporkan demokrasi berjalan cukup baik, dibandingkan dengan hanya 37 persen orang berpandangan demikian pada musim gugur lalu.

Secara keseluruhan sekitar dua per tiga warga Amerika mengatakan Joe Biden telah terpilih secara sah sebagai presiden, tetapi hanya sepertiga pendukung Partai Republik yang berpandangan sama. [em/lt]

XS
SM
MD
LG