Tautan-tautan Akses

Hampir Sepekan Dirawat Akibat Diserang Palu, Suami Ketua DPR AS Keluar dari RS


Paul Pelosi, suami Ketua DPR Nancy Pelosi, di Washington pada 17 Maret 2022. (Foto: AP)
Paul Pelosi, suami Ketua DPR Nancy Pelosi, di Washington pada 17 Maret 2022. (Foto: AP)

Pengusaha Paul Pelosi, suami Ketua DPR AS Nancy Pelosi, diperbolehkan pulang dari rumah sakit San Francisco, tempat ia menjalani operasi luka setelah diserang dengan palu. Seseorang menyusup rumah pasangan tersebut pada enam hari yang lalu dan menyerang Paul Pelosi.

Meski diperbolehkan keluar dari rumah sakit, eksekutif real estat dan pengusaha modal berusia 82 tahun itu "tetap dalam perawatan dokter sambil terus dalam proses pemulihan yang panjang" di rumah, kata Nancy Pelosi dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan kantornya.

Keterangan terbaru tentang kondisinya muncul ketika pejabat imigrasi AS mengatakan pria yang dituduh melakukan serangan dengan palu itu adalah Paul Wayne DePape, 42. Ia adalah warga negara Kanada yang tinggal di Amerika secara ilegal 14 tahun, setelah datang ke AS sebagai wisatawan.

Badan Penegak Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE) mengatakan, telah mengeluarkan pemberitahuan "penahanan" dengan otoritas San Francisco yang meminta hak untuk menahan DePape setelah proses pidana terhadapnya selesai.

Di bawah tahanan yang diajukan ke Penjara Wilayah San Francisco pada 1 November, empat hari setelah penangkapannya, DePape akan diserahkan ke ICE untuk kemungkinan dideportasi ke Kanada setelah menjalani hukuman penjara yang diterimanya, menurut ICE.

DePape ditangkap pada 28 Oktober di rumah Pelosi di San Francisco setelah diduga memasuki dengan paksa ke kediaman itu, memaksa untuk bertemu dengan Nancy Pelosi dan kemudian memukuli suaminya dengan palu di kepala. [ps/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG