Tautan-tautan Akses

Haley: AS Terus Desak Pakistan Berhenti Lindungi Teroris


Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley mengunjungi Masjid Jama di New Delhi, India Kamis (28/6).
Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley mengunjungi Masjid Jama di New Delhi, India Kamis (28/6).

Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley, hari Kamis (28/6) mengatakan Amerika Serikat sedang meningkatkan upaya-upaya untuk mendorong Pakistan agar berhenti memberi perlindungan bagi para teroris.

Haley, yang sedang dalam lawatan ke India, mengatakan, Pakistan bersikap kooperatif tetapi Washington akan menolak pemerintah manapun yang melindungi teroris.

“Kami menyampaikan pesan ini kepada Pakistan lebih kuat lagi dibandingkan sebelumnya dan kami berharap akan melihat ada perubahan,” kata Haley kepada para anggota sebuah kelompok kebijakan India, Observer Research Foundation.

Kerjasama Pakistan sangat penting bagi kebijakan Presiden Amerika Donald Trump terhadap Afghanistan. Amerika menekan Pakistan agar berhenti melindungi teroris, yang dituding melancarkan serangan-serangan di Afghanistan. Pakistan membantah melindungi teroris dan bersikeras pengaruhnya terhadap kelompok teroris Taliban telah dibesar-besarkan.

Haley juga mengatakan Amerika dan India akan memprakarsai pembicaraan strategis tingkat pejabat tinggi sesegera mungkin. Sanksi-sanksi Amerika terhadap Rusia dan Iran diperkirakan akan dibahas, selain mengenai penjualan senjata dan perdagangan.

Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan James Mattis dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan sejawat India mereka di Washington pada 6 Juli. Tetapi Amerika harus menangguhkan pertemuan tersebut, sebut kementerian luar negeri India. Tanggal pertemuan baru belum diumumkan.

Sebelumnya, Haley mengunjungi beberapa tempat ibadah di New Delhi. Ia mengunjungi sebuah kuil Hindu, kuil Sikh, masjid dan gereja.

Haley lahir di negara bagian South Carolina. Orang tuanya adalah imigran Sikh dari negara bagian Punjab, India Utara. [uh]

XS
SM
MD
LG