Tautan-tautan Akses

AS

Hakim AS Blokir Kebijakan Trump yang Paksa Pencari Suaka Tetap di Meksiko


Para pencari suaka asal Amerika Tengah menunggu di jembatan penghubung antara Reynosa, Meksiko ke kota Hidalgo, Texas (foto: ilustrasi).

Seorang hakim federal hari Selasa (9/4) telah memblokir kebijakan pemerintahan Trump yang mengharuskan pencari suaka tetap berada atau kembali ke Meksiko selagi petisi mereka diproses.

Hakim Pengadilan Distrik Amerika Richard Seeborg di California membuat keputusan itu sehari setelah Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen mengundurkan diri.

Perintah pengadilan itu akan mulai berlaku Jumat (12/4), sehingga memberikan waktu kepada pemerintah untuk mengajukan banding.

Program Protokol Perlindungan Migran, yang secara informal dikenal sebagai “Tetap di Meksiko,” diberlakukan pada Januari lalu di pintu gerbang San Ysidro di California dan diperluas sehingga mencakup pintu-pintu masuk di Calexico dan El Paso. Nielsen baru-baru ini memerintahkan program itu diperluas ke pintu-pintu masuk lainnya.

Kebijakan itu tidak memiliki perlindungan yang memadai untuk memastikan para migran tidak menghadapi “risiko yang tidak semestinya bagi kehidupan atau kebebasan mereka” di Meksiko, kata putusan tersebut.

Pemerintahan Trump telah membela kebijakan itu, dan mengatakan program itu sebagai tanggapan terhadap krisis di perbatasan selatan yang telah melampaui kemampuan pejabat imigrasi untuk menahan para migran. (lt)

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG