Tautan-tautan Akses

Hadapi Ketidakpastian Dagang dengan AS, China Dekati Jepang dan Korsel


PM China Li Keqiang, Presiden Korsel Moon Jae-in dan PM Jepang Shinzo Abe dalam HUT ke-20 kerja sama China-Jepang-Korsel di Chengdu, provinsi Sichuan, China, 24 Desember 2019.

China melangsungkan pendekatan perdagangan terhadap Jepang dan Korea Selatan, dan menawarkan dukungan bagi pembangunan infrastruktur sewaktu menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin ketiga negara pekan ini, di tengah-tengah hubungan yang tegang dengan AS.

PM China Li Keqiang mengatakan, Rabu (25/12), dalam pertemuan dengan PM Jepang Shinzo Abe bahwa Beijing bersedia memperkokoh kerjasama ekonomi dengan Jepang di pasar-pasar negara netral.

Dalam pertemuan di sela-sela KTT trilateral di Chengdu, di baratdaya China, Li mengatakan, China akan membuka lebih jauh industri jasanya bagi Jepang.

Sementara itu menurut kantor berita Yonhap, dalam pertemuan terpisah dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Li mengatakan China bersedia membangun jaringan kereta yang menghubungkan Korea dengan China dan Eropa.

Pernyataan Li ini muncul sementara China dan AS hampir mencapai kesepakatan perdagangan pendahuluan setelah melakukan perang tarif bernilai miliaran dolar selama hampir dua tahun yang memukul ekonomi dunia.

Hubungan China dan AS kian menegang menyusul pernyataan dukungan para legislator AS terhadap gerakan pro-demokrasi di Hong Kong, dan kecaman mereka atas penanganan kelompok minoritas Muslim Uighur di Xinjiang. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG