Tautan-tautan Akses

Guru Spiritual India Dihukum 20 Tahun dalam Kasus Perkosaan


Guru Spiritual India, Dr. Saint Gurmeet Singh Ram Rahim Insan (foto: dok).

Hakim India hari Senin memvonis seorang guru spiritual yang populer dan flamboyan dengan hukuman total 20 tahun penjara atas tuduhan memperkosa dua perempuan pengikutnya.

Hukuman itu diumumkan di tengah keamanan yang ketat di sebuah penjara di kota Rohtak, India utara di mana sang guru, yang menyebut dirinya Dr. Saint Gurmeet Singh Ram Rahim Insan, ditahan sejak didakwa hari Jumat.

Pengacara S.K. Garg Narwana mengatakan, guru itu dijatuhi hukuman 10 tahun dalam setiap kasus. Vonis itu memicu protes keras dari para pengikut guru yang menewaskan setidaknya 38 orang dan ratusan lainnya terluka.

Menjelang pengumuman vonis, layanan kereta api dan bus ke Rohtak dihentikan, untuk mencegah para pendukung guru itu tumpah ke kota tersebut, yang berada di negara bagian Haryana. Jam malam juga diberlakukan di Rohtak.

Polisi setempat mengatakan, di sekitar penjara dilakukan keamanan yang berlapis dan tentara pemerintah diijinkan menggunakan senjata api jika terjadi kekerasan. Semua mobil yang memasuki kota diperiksa.

Guru spiritual itu membantah memperkosa dua pengikutnya dalam kasus yang berasal dari tuntutan yang diajukan tahun 2002. Tidak banyak keterangan rinci yang diberikan setelah vonis tadi, namun pengacara guru tersebut dapat mengajukan banding atas putusan tersebut ke pengadilan yang lebih tinggi.

Tuduhan pemerkosaan itu diselidiki oleh Biro Investigasi Pusat India (CBI), dan pengadilan khusus CBI yang menjatuhkan vonis dan menghukum sang guru.

Hukuman minimum untuk dakwaan itu adalah tujuh tahun dan maksimum hukuman seumur hidup. [ps/al]

XS
SM
MD
LG