Tautan-tautan Akses

Gunung Taal di Filipina Masih Beresiko Meletus Lagi


Gunung berapi Taal di Tagaytay, provinsi Cavite, selatan Manila, Filipina, menyemburkan abu vulkanik, 13 Januari 2020. . (AP Photo/Aaron Favila)

Gunung berapi Taal di Filipina yang meletus pada akhir pekan lalu masih menyemburkan gumpalan abu vulkanik yang disertai serangkaian gempa bumi kecil, Kamis. Khawatir akan adanya letusan yang lebih besar, pihak berwenang memblokir akses masuk ke kota-kota di sekitar gunung itu.

Danau dan sungai dekat gunung Taal yang mengering merupakan gejala bahwa gunung masih tetap aktif. Sejumlah pejabat setempat mengingatkan warga untuk tidak berspekulasi bahwa aktivitas gunung berapi itu melemah setelah meletus selama lima hari lalu.

Tentara dan polisi menghalangi penduduk setempat yang ingin memasuki kawasan gunung berapi itu dan kota-kota di dekatnya untuk mengambil barang-barang, dan ternak mereka.

Institut Seismologi dan Vulkanologi Filipina mengatakan, aktivitas gunung itu dalam 24 jam terakhir secara umum menurun. Namun wilayah itu tetap dalam situasi siaga tinggi dan lembaga itu bisa mengeluarkan peringatan sewaktu-waktu jika gunung itu meletus lebih dahsyat lagi.

Banyak rumah dan pertanian hancur akibat abu vulkanik sejak gunung itu meletus pada hari Minggu. Namun tidak ada korban jiwa atau cedera berat terjadi setelah ribuan orang dievakuasi. [lj/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG