Tautan-tautan Akses

Gunung Meletus di Pulau La Palma, Warga Dievakuasi


Aliran lava tampak mengalir keluar dari gunung berapi di Taman Nasional Cumbre Vieja di El Paso, Pulau Palma, Kepulauan Canary pada 19 September 2021 dalam gambar yang merupakan potongan dari video meletusnya gunung tersebut. (Foto: FORTA/Handout via Reuters)

Sebuah gunung berapi meletus di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol pada Minggu (19/9), mengeluarkan lahar, asap tebal dan abu ke udara dari taman nasional Cumbre Vieja.

Sebelum meletus pada pukul 15:15 waktu setempat, pihak berwenang telah mulai mengevakuasi orang-orang yang rentan dan sejumlah hewan dari desa-desa di sekitarnya, kata pemerintah daerah. Gunung itu terletak di sebuah lereng berhutan yang jarang penduduknya di kawasan Cabeza de Vaca.

Dua jam kemudian, ketika aliran lahar menuruni lereng bukit, pemerintah kota mengeluarkan perintah evakuasi wajib untuk empat desa, termasuk El Paso dan Los Llanos de Aridane. Para tentara dikerahkan untuk membantu, dan penduduk diminta untuk membatasi penggunaan telepon genggam.

Garda Sipil Spanyol mencuit mereka akan ikut mengevakuasi antara 5.000 dan 10.000 orang dari desa-desa yang berada di dekat gunung berapi itu, termasuk El Paso dan Los Llanos de Ariadne.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan ia telah menunda perjalanannya ke Majelis Umum PBB di New York dan sedang dalam perjalanan menuju La Palma. (vm/ka)

Recommended

XS
SM
MD
LG